Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Vol 2, No 2 (2017)

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI KALANGBRET SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Imam Sukwatus Sujai (STKIP PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Abstrak : Peningkatan kualiatas sumber daya manusia saat ini sangatlah dibutuhkan dan harus dikembangkan. Upaya pengembangan tersebut salah satunya adalah melalui pendidikan, dimana setiap individu pasti akan dikenai pendidikan dalam perkembangan hidupnya. Dalam juga proses pembelajaran tersediannya sumber belajar yang memadai akan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu yang terkait dengan proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian, tersediannya sumber belajar yang memadai akan dapat melengkapi (improvement), memelihara (maintenance), maupun memperkaya (enrichment) dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI KALANGBRET Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017.Dari hasil uji Uji Normalitas: titik-titik menyebar disekitar garis diagonal dan penyebarannya mengikuti garis diagonal. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa data yang diambil berdistribusi normal. Hasil uji multikolinieritas model regresi dalam penelitian ini pada bagian Collinearity terlihat bahwa Tolerance sebesar 1.000 dan besaran VIF berada pada 1.000, maka dikatakan bahwa model regresi tidak terdapat problem multikolinieritas. Uji heteroskedastisitas: penyebaran titik-titik data tidak berpola yang jelas, serta titik-titiknya menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Maka di indikasikan tidak terdapat masalah heteroskesdasitas.Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda: Y = 70.373 + 0.091 X1 + 0.201 X2. Berdasarkan hasil uji t untuk (pengaruh kesiapan belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y): Nilai t hitung (2,302)   ttabel (2.042) dan tingkat signifikansi 0.027   0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t untuk pengaruh pemanfaatan sumber belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) : Nilai t hitung (2.432) t tabel (2.042)  dan tingkat signifikansi 0.020   0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesis secara simultan (Uji F): analisis data di atas menunjukkan Fhitung (5.717) Ftabel (3.32) dan tingkat signifikansi 0.007 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif kesiapan belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi secara simultan (bersama-sama).Kesimpulannya adalah ada pengaruh positif antara variabel X1 kesiapan belajar dan variabel X2 pemanfaatan sumber belajar terhadap variabel Y prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA PGRI KALANGBRET Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukan bahwa 24,6% perubahan variabel Y dipengaruhi oleh perubahan X1 dan X2. Sedangkan sisanya sebesar 75,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel dalam penelitian ini.Kata kunci: Kesiapan Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jupeko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic ...