ABSTRAK.Berkembangnya opini publik yang negatif mengenai jurusan IPS relatif berkembang di masyarakat sebagai jurusan yang kurang difavoritkan di sekolah. Opini tersebut dapat sedikit ditepis jika orang tua dan pihak sekolah mampu memberikan informasi yang lengkap dan senantiasa perhatian penuh terhadap kemampuan dan keinginan siswa dalam mengambil jurusan. Dengan penelitian ini akan teruji secara empiris faktor perhatian dan pemahaman informasi tersebut terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan.Rumusan masalah yang dapat diambil adalah adakah pengaruh dari perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan. Hipotesis penelitian yaitu diduga terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan terhadap keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS baik secara parsial maupun secara simultan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan angket tanggapan siswa untuk mendapatkan data dari masing-masing indikator variabel yang meliputi perhatian orang tua (variabel X1), pemahaman tentang informasi pendidikan (variabel X2), dan keputusan memilih jurusan (variabel Y). Sifat penelitian ini merupakan uji hipotesis yang dibuktikan hasilnya dengan uji linieritas antar variabel, uji signifikasi koefisien regresi, dan uji asumsi regresi. Populasi adalah seluruh siswa jurusan IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung . Sampel diambil secara stratifikasi dari segi wilayah perkotaan, pinggiran dan pedesaan yang kemudian ditentukan jumlah sampel per masing-masing wilayah menggunakan rumus Slovin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan mempengaruhi keputusan siswa dalam mengambil jurusan IPS. Dengan pembuktian bahwa terdapat linearitas (F) yang signifikan sebesar 0,000 0,050, uji hipotesis dalam signifikasi 5% dimana nilai t (X1) sebesar 2,926, t (X2) sebesar 2,866. Besar koefisien R Square dalam memberikan sumbangan efektif sebesar 0,213, maka dinyatakan ada pengaruh positif dan signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar terhadap prestasi belajar, dimana kenaikan satu poin perhatian orang tua dan pemahaman tentang informasi pendidikan dengan pengaruh sebesar 21,3% terhadap keputusan siswa dalam mengambil Jurusan IPS.Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Pemahaman Tentang Informasi Pendidikan, Keputusan Siswa.
Copyrights © 2016