Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Vol 3, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU YU-GI-OH PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN SISTEM KEARSIPAN

Thohuroh . (Unknown)
Durinda Puspasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran permainan kartu Yu-Gi-Oh pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Sistem Kearsipan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK 1 SMK Negeri 10 Surabaya dengan jumlah sebanyak 20 siswa. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran permainan kartu Yu-Gi-Oh berdasarkan uji validasi para ahli media dan materi sedangkan uji coba terbatas dilakukan ke siswa melalui angket respon. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase penilaian untuk validasi ahli materi sebesar 91,11% dengan kategori sangat layak dan rata-rata persentase penilaian untuk validasi ahli media adalah 93,35% dengan kategori sangat layak. Sementara rata-rata persentase penilaian untuk respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan kartu Yu-Gi-Oh layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jupeko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic ...