Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Vol 2, No 2 (2017)

PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN “JILUTA MIMOSA” TERHADAP MAHASISWA WIRAUSAHA PEMULA UNIVERSITAS TULUNGAGUNG

Desi Rahmawati (Universitas Tulungagung)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

AbstrakWirausaha mempunyai pengertian Orang yang memiliki keberanian untuk menjalankan kegiatan guna menghasilkan keuntungan, dimana keberanian ini diartikan sebagai orang yang berani menanggung resiko dan ketidakpastian dalam rangka memperoleh keuntungan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan JILUTA MIMOSA terhadap  Mahasiswa Wirausaha Pemula di Universitas Tulungagung.Penelitian ini menggunakan metode yakni terdiri dari: obyek dan subyek penelitian, metode dan desain penelitian, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, variabel penelitian, instrumen penelitian, skala pengukuran dan teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan kepustakaan. Pengolahan dan analisis data dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian bahwa materi pelatihan(X1), pelatih (X2) dan metode pelatihan(X3) JILUTA MIMOSA mempengaruhi  mahasiswa wirausaha pemula di Universitas Tulungagung. Berdasarkan (1) hasil pengujian secara bersama-sama (uji F) menunjukkan bahwa materi pelatihan (X1), pelatih (X2) dan metode pelatihan (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap  mahasiswa wirausaha pemula (2) Pengujian secara individu (uji t) menunjukkan bahwa dari ketiga variabel yang paling berpengaruh secara signifikan adalah Variabel pelatih (X2)dimana, mempunyai nilai koefisien regresi dan tingkat signifikansi paling besar dibanding variabel lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa pelatih mempunyai pengaruh paling dominan terhadap  mahasiswa wirausaha pemula dengan nilai t-hitung tertinggi sebesar 2.049, nilai beta sebesar 0,307 dan nilai r sebesar 0,320.Kata Kunci: Materi Pelatihan, Pelatih, Metode Pelatihan, Wirausaha Pemula Abstract. Entrepreneurs have an understanding of orange who has thecourage to run activities to generate profits where this courage is defined as thos who dare to risk miles and uncertainty in order to gain profit. The purpose of this research was to determine the effect of training JILUTA MIMOSA to Student entrepreneurs beginning University of Tulungagung.  This study uses the method comprising: object and subject of research, methods and research design, sampling techniques, data collection techniques, the research variables, the research instrument, a scale of measurement and data analysis techniques. Data collection methods used were questionnaires, interviews, and literature. Processing and analysis of data using SPSS. The research concludes that the training materials, trainers and training methods JILUTA MIMOSA affect the  student entrepreneurs beginning in University of Tulungagung. Based on (1) the test results together (F test) showed that the training materials (X1), coach (X2) and training methods (X3) together have a positive influence and significant impact on Student entrepreneurs beginningUniversity of Tulungagung  (2) Testing individually (t test) showed that the training materials (X1) influence positively and significantly related to student entrepreneurs c (X2) influence positively and significantly related to  student entrepreneurs begenning , and training methods (X3) positive and significant impact on student entrepreneurs begenning (3) variable coach (X2) has a regression coefficient values and significance levels greater than most other variables. This shows that the coach has the most dominant influence on student entrepreneurs begenning University of Tulungagung,, with the highest value t count amounted to 2,049, a beta value of 0.307 and r value of 0.320. Keywords: Training Material, Coach, Training Methods, Student Entrepreneurs

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jupeko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic ...