Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
Vol 1, No 1 (2014):

PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

., Ni Kadek Ani Parwati (Unknown)
., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd (Unknown)
., Putu Artawan, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model problem based-learning berbantuan peta konsep (MPBL-CM), model problem based-learning (PBL), dan model pembelajaran langsung (DI). Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah empat belas kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari tiga kelas (VIII2, VIII3, dan VIII4) dengan jumlah 120 siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Data hasil belajar fisika siswa menggunakan skor gain ternormalisasi. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA satu jalur dan uji lanjut Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan skor rata-rata hasil belajar tiap kelompok perlakuan. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antar kelompok MPBL-CM, MPBL, dan DI (F = 46,962; p

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPF

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of physic education ...