Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran gameedukasi fisika yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada topik gerak lurusberaturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan gerak jatuh bebas (GJB). Penelitian danpengembangan menggunakan desain Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XMM 1 SMK Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah mediaedukasi, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Data diperoleh dari lembar angket motivasi dan hasilpretest dan posttest untuk mengukur peningkatan prestasi belajar. Penelitian dan pengembangandikatakan berhasil jika media mendapatkan validitas dari para ahli, dan teruji secara praktis danefektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari 3,7 dengan kategori tinggi menjadi 4,0 dengankategori sangat tinggi setelah menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran. Begitu jugadengan prestasi belajar siswa yang meningkat dari nilai rata-rata pretest 52,65 menjadi 93,75 padanilai posttest.Kata-kata kunci: media pembelajaran, game edukasi, motivasi belajar, prestasi belajar
Copyrights © 2018