Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

PENERAPAN MEDIA MINIATUR UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS IV TEMA 8 SUB TEMA 1 SDN 2 PERMANU PAKISAJI MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Diana Kusumaningrum (Universita Islam Raden Rahmat Malang)
Tri Widyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini perlu dilakukan karena kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran tematik sehingga mengakibatkan partisipasi siswa sebagian masih rendah. Hal  ini dapat dilihat dari indikator partisipasi siswa pada tanggal 8 Oktober 2018 yaitu siswa  yang  berpartisipasi aktif  dalam  berdiskusi  sebanyak 11  siswa  (34,42%), siswa  yang  mengajukan  pertanyaan  sebanyak 7 siswa  (20%), siswa yang  mempresentasikan  jawaban  soal  latihan  sebanyak  6 siswa  (17,14%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil upaya peningkatan partisipasi siswa melalui media miniatur pada mata pelajaran tematik, tema 8 sub tema 1 di SD Negeri 2 Permanu Pakisaji Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan media miniatur yang nantinya akan dapat menumbuhkan pola fikir peserta didik dalam hal penerapan daya raba, daya lihat dan daya ingat peserta didik. Subjek dari penelitian adalah peserta didik di kelas IV SD Negeri 2 Permanu Pakisaji Malang tahun akademik 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Penelitan dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilakukan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi partisipasi siswa dan lembar observasi keberhasilan tindakan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media miniatur dapat meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran tematik khususnya mata pelajaran tematik kelas IV SDN 2 Permanu Pakisaji Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan partisipasi belajar pada setiap siklusnya. Perolehan skor pada siklus I menunjukkan 40% siswa yang mencapai kategori aktif dan sangat aktif yang mecapai indikator keberhasilan. Sehingga proses pembelajaran harus diperbaiki pada siklus dua secara maksimal. Partisipasi siswa mulai terlihat pada siklus II  menunjukkan 94% siswa mencapai kategori aktif dan sangat aktif  mencapi indikator keberhasilan. Dari perolehan data tersebut maka penerapan media miniatur dapat meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 2 Permanu Pakisaji Malang. Kata kunci: Media Miniatur, Partisipasi Siswa, Pembelajaran Tematik 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...