Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF

Ignasius Ignasius (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Dwi Cahyadi Wibowo (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Agusta Kurniati (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali dan memperoleh informasi secara objektif mengenai upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran paradigma pedagogi reflektif pada tema 3 subtema 2 kelas V SDN 06 Peniti Sekadau Hilir tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Peniti Sekadau Hilir yang berjumlah 38 orang siswa.Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Penggunaan pendekatan paradigma pedagogi reflektif di kelas V SD Negeri 06 Peniti Tahun Pelajaran 2019/2020. Terlihat bahwa hasil observasi aktivitas guru sebesar 85,53 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 80,26 dengan kategori baik. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 06 Peniti setelah diterapkan pendekatan paradigma pedagogi reflektif. Hasil belajar secara keseluruhan mencapai 73,50 dengan kriteria baik. (3) Respon siswa dalam pendekatan paradigma pedagogi reflektif  pada siswa kelas V SD Negeri 06 Peniti Tahun Pelajaran 2019/2020 menyenangkan, menarik dan mudah dipahami.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...