Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa

MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI

Agung Nugroho (PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Lia Mareza (PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual atau sosial berhak memperoleh pendidikan  khusus. Pendidikan inklusif adalah proses pendidikan yang memungkinkan semua anak berkesempatan untuk berpartisipasi  secara penuh dalam kegiatan kelas regular, tanpa memandang kelainan, ras, atau karakteristik lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan bahwa belum semua warga negara memperoleh layanan pendidikan. Khususnya warga negara yang memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu. Penelitian ini diarahkan untuk mencari dan memberikan gambaran bagaimana sistem penyelenggaraan pendidikan inklusif  dapat menjangkau semua warga negara tanpa memperhatikan kelemahan dan kekurangan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto sebagai salah satu sekolah inklusi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inklusi di SD N 1 Tanjung menggunakan model pembelajaran klasikal dan individual bagi siswa berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...