Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Materi Pokok Energi dan Usaha pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 52 Konawe Selatan

Mustari, Mustari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika siswa kelas IX-A SMP Negeri 52 Konawe Selatan  pada materi pokok Energi dan Usaha dengan menerapkan teknik Probing-Prompting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 52 Konawe Selatan yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 27. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus I sebesar 2,6 yang termasuk pada kategori cukup dan siklus II menjadi 3,42 yang termasuk pada kategori baik, (2) hasil belajar Fisika meningkat dimana nilai rata-rata pada siklus I 53,05 dan meningkat pada siklus II menjadi 66,1, (3) persentase ketuntasan belajar siswa cenderung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana dari 48,2% menjadi 85,2%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...