Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika siswa kelas IX-A SMP Negeri 52 Konawe Selatan  pada materi pokok Energi dan Usaha dengan menerapkan teknik Probing-Prompting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 52 Konawe Selatan yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 27. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus I sebesar 2,6 yang termasuk pada kategori cukup dan siklus II menjadi 3,42 yang termasuk pada kategori baik, (2) hasil belajar Fisika meningkat dimana nilai rata-rata pada siklus I 53,05 dan meningkat pada siklus II menjadi 66,1, (3) persentase ketuntasan belajar siswa cenderung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana dari 48,2% menjadi 85,2%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020