Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMAN 4 Bau Bau pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Natalija, Selfi (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)
Sahara, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif materi elastisitas dan hukum hooke peserta didik  kelas XI SMAN 4 Baubau yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 4 Baubau semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 180 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas  yaitu kelas eksperimen (XI MIA6) dan kelas  kontrol (XI MIA3). Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes obyektif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) gambaran tes awal hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata 38,9 sedangkan pada kelas kontrol  dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 35,03 dan gambaran tes akhir hasil belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 74,9, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata  69,7; 2) nilai rata-rata tes awal hasil belajar peserta didik  kelas eksperimen sama atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol pada a = 0,05; 3) nilai rata-rata tes akhir hasil belajar peserta didik  kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan dari pada  kelas kontrol pada a = 0,05; 4) nilai rata-rata N-gain hasil belajar peserta didik  kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari kelas kontrol pada a = 0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...