Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Materi Pokok Momentum dan Impuls melalui Model Pembelajaran berbasis Masalah bagi Peserta Didik SMAN 2 Mawasangka Tengah

Sariani, Sariani (Unknown)
Anas, Muhammad (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains, hasil belajar fisika ranah kognitif, dan ketuntasan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Mawasangka Tengah yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Mawasangka Tengah tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 23 orang. Ada dua data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu data keterampilan proses sains yang diperoleh dari lembar observasi dan data hasil belajar fisika ranah kognitif yang diperoleh dari tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa keterampilan Proses peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada setiap siklus cenderung  meningkat dari kategori cukup 1,67 pada siklus I menjadi kategori baik 2,87 pada siklus II. Hasil belajar fisika ranah kognitif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang diperoleh sebaran nilai: pada siklus I diperoleh nilai dari 51 sampai dengan 98 dengan nilai rata-rata 71,2. Pada siklus II diperoleh nilai dari 64 sampai dengan 100 dengan nilai rata-rata 81,0. 3) Hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik pada materi pokok momentum dan impuls yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat ditingkatkan dengan jumlah persentase siswa yang sudah tuntas pada siklus I adalah sebesar 60,8 % meningkat menjadi 78,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika pada materi pokok momentum dan impuls yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika ranah kognitif”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...