Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada SMPN 22 Konawe Selatan

Sri, Desa Putu (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)
Mongkito, Vivi Hastutu Rufa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan Memperoleh data dan gambaran hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada sub materi getaran, gelombang dan bunyi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 22 Konawe Selatan di Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 206 orang. Teknik pengambilan Sampel  penelitian ini adalah random sampling  sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen (kelas VIIIB) dan kelas kontrol (VIIIC). Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan Gambaran hasil belajar tes awal dan tes akhir peserta didik dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai rerata 42,86 dan standar deviasi 14,1. Untuk tes akhir diperoleh nilai rerata 65,18 dan standar deviasi 10,4 hal ini menunjukkan bahwa lebih besar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga tidak ada perbedaan antara nilai rerata hasil tes awal peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk nilai rerata N-gain peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...