Proses pembelajaran yang dilakukan di kelas selalu menerapkan sistem pembelajaran yang terpusat dimana mahasiswa selalu mengharapkan sumber dari pengajar saja, sedangkan mahasiswa dalam hal ini tidak terlalu aktif di kelas disebabkan karena keterbatasan waktu yang ada di kelas. Sehingga kegiatan belajar tidak kreatif karena mahasiswa tidak dituntut untuk mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Melalui pemanfaatan bahan ajar berbasis E-learningdiharapkan dapat mengatasi permasalahan kegiatan pembelajaran. Moodle merupakan singkatan darimodular object-oriented dynamic learning environment. aplikasi ini dibangun untuk kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan jaringan internet melalui situs web dan menggunakan prinsip sosial constructionist pedagogy dimana dapat membantu pengajar didalam proses pembelajaran dari segala sudut pandang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel jenuh yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview serta dokumentasi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya interaksi antara dosen dan mahasiswa di dalam proses pembelajaran, selain itu e-learningjuga berfungsi sebagai forum diskusi antara dosen dan mahasiswa, dan juga dapat digunakan sebagai kuis online, sehingga semua kegiatan proses pembelajaran menjadi sangat efektif.
Copyrights © 2015