Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk menguji pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara parsial. Kedua untuk menguji profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara simultan. Populasi penelitian ini adalah 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Indonesia periode 2015-2017 dan 17 perusahaan yang digunakan sebagai sampel, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh bahwa pertama, profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap nilai perusahaan secara parsial. Kedua bahwa, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan secara simultan.Abstract: The purpose of this research was first to test the effect of profitability and firm size on firm value partially The second to test the effect profitability and firm size on firm value simultaneously. The population of this research was 30 company registered in Jakarta Islamic Index (JII) period of 2015-2017 and 17 of them were used as the samples, taken by using purposive sampling technique. The data were processed by using multiple linear regression analysis. The results obtained that first, profitability had influence significant on firm value while firm size had influence no significant partially. The second, that profitability and firm size had influence significant on firm value simultaneously.
Copyrights © 2019