ge-newline"> Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pelaksanaanstrategi peninjauan kembali ala permainan “Holly-Wood Squares” yang diterapkandalam proses pembelajaran praktikum akuntansi. Strategi ini diterapkan dalam matakuliah praktikum akuntansi karena masalah hasil belajar yang diperoleh olehmahasiswa pada saat mata kuliah dasar yaitu akuntansi keuangan dasar I danakuntansi keuangan dasar II masih sangat rendah yaitu 68% bernilai C dari totaljumlah mahaswa program studi akuntansi yang berjumlah 242 orang. Strategipembelajaran peninjauan kembali ala permainan “Holly-Wood Squares” dianggapmampu meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa terhadap materi Praktikumakuntansi, dengan kasus, konsep dalil, dan aspek teknis yang didasarkan pada kasusperusahaan jasa dan dagang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Semester IIIProgram Studi Pendidikan Akuntansi FKIP – UMSU yang berjumlah sekitar 242orang yang terdiri atas 6 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini hanyasatu kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 40 orang. Hasil yang diperoleh dalampenelitian ini setelah melakukan dua siklus dan empat kali pertemuan menunjukkanprestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Sedangkanminat, keaktifan dan kerjasama mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan rentangan 1 – 4 hasilnya baik. Skor tersebut merupakan rerata dari seluruh aspek yang diamati pada dua siklus.
Copyrights © 2014