Forum Agribisnis
Vol 10 No 2 (2020): FA VOL 10 NO 2 SEPTEMBER 2020

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK SALAK UMKM SALAK CRISTAL DI KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Virekha Yolanda (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman)
Suyono Suyono (Departemen Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman)
Irene Kartika Eka Wijayanti (Departemen Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

UMKM Salak Cristal merupakan agroindustri yang bergerak pada pengolahan salak menjadi aneka produk olahan salak. UMKM Salak Cristal telah melakukan penjualan secara offline dan online, akan tetapi kurang memperhatikan konsumen serta strategi pemasaran. UMKM Salak Cristal bukanlah satu-satunya produsen pengolah salak di Sleman. Hal tersebut, membuat UMKM Salak Cristal membutuhkan informasi kepuasan konsumen untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat agar mengetahui perubahan kebutuhan konsumen dan mencapai kepuasan konsumen. Oleh karena itu, peneliti perlu menganalisis kepuasan konsumen untuk membantu UMKM Salak Cristal dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kepuasan terhadap produk keripik salak pada UMKM Salak Cristal Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta; 2) Menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk keripik salak UMKM Salak Cristal Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dan metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Besarnya sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus linear time function. Metode analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk keripik salak UMKM Salak Cristal yaitu berada pada kriteria puas, 2) Strategi yang dapat diterapkan yaitu memperbaiki beberapa atribut yang harus ditingkatkan yaitu variasi rasa, penjualan online, promosi online, lokasi toko, seragam karyawan, kerapihan karyawan, proses pembayaran, display sesuai jumlah produk, dan label harga produk.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fagb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Forum Agribisnis adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi antar peneliti, akademisi, dan penentu kebijakan dan praktisi dalam bidang agribisnis dan bidang terkait lainnya. Tulisan bersifat asli berisi analisis empirik atau tinjauan teoritis dan review buku terbaru. Forum Agribisnis dikelola ...