Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI)
Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM PENJUALAN SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA SEJAHTERA MOTOR GEMILANG DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

Lubis, Anju Eliarsyam (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penjualan merupakan bagian dari pemasaran yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Denganadanya penjualan, perusahaan dapat mencapai tujuan atau target. Untuk menjadi perusahaan yang terusberkembang di dalam penjualan sepeda motor, perusahaan harus mampu bersaing dalam meningkatkan volumepenjualan. Mulai dari meluncurkan prodak yang terbaik dalam kecanggihan sepeda motor, hingga potonganharga yang sangat menarik perhatian konsumen. Hal-hal seperti itu sudah sanggat sering dilakukan, sehinggaperusahaan tetap bisa bersaing, Sepeda motor adalah alat transfortasi roda dua yang lebih banyak digunakanorang umum. Mulai remaja hingga orag tua, tak jarang sepeda motor termasuk kebutuhan yang sanggat penting.Jika kita tidak memilikinya terasa amat sulit dalam melakukan aktifitas secara cepat. Tanpa ada batasanpenjualan menjadikan data penjualan semakin menumpuk, hingga akhirnya perusahaan kewalahan dalam halmengurus berkas nasabah. Untuk mengetahui penjualan terbanyak diperlukan Algoritma Apriori. AlgoritmaApriori, termasuk jenis aturan assosiasi pada Data Mining. Salah satu tahap assosiasi yang dapat menghasilkanalgoritma yang efisien adalah dengan analisis pola frekuensi tinggi. Dalam suatu assosiasi dapat diketahuidengan cara dua tolak ukur, yaitu : Support dan Confidence. Support “nilai penunang” merupakan persentasekombinasi item dalam sebuah Database, dan Confidence “nilai kepastian” ialah kuatnya hubungan antara itemdalam sebuah aturan asosiasi tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIKOMSI with the scopes and focus of the research areas that are: - Software Engineering,Information Systems - Hardware and Architecture, - Computer Science Applications, - Computer Networks and Communications, and - Artificial ...