Inspiratif Pendidikan
Vol 9 No 2 (2020): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN

SIX MEDICINE QOULAN DALAM MENGATASI KEKERASAN GURU TERHADAP SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Siti Aisyah (Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Muhammad Munif (Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2020

Abstract

Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk tindak kekerasan dapat terjadi dalam lembaga pendidikan, latar belakang dan dampak dari tindak kekerasan yang dilakukan guru terhadap siswa, serta mengetahui upaya mengatasi tindak kekerasan yang terjadi di lembaga pendidikan. Penelitian ini meggunakan library research, dengan mengambil data yang bersumber dari berbagai literatur ilmia, lalu dianalisis menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kasus kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa baik dari kekerasan fisik, maupun psikis mengakibatkan siswa kehilangan motivasi belajar dan kehilangan kepercayaan diri. Ajaran Islam dengan kitab sucinya al-Qur’an sebagai pedoman bagi umat Islam mempunyai jalan keluar untuk mengatasi permasalahan ini denga cara membangun komunikasi yang baik antara guru dengan siswa melalui keknik “Qoulan”  yang apabila diterapkan dalam berkomunikasi dapat berimplikasi pada harmonisnya hubungan guru dan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Inspiratif-Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and ...