Communications
Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS

Generasi Digital Natives dalam Praktik Konsumsi Berita di Lingkungan Digital

Devie Rahmawati (Universitas Indonesia)
Giri Lumakto (Unknown)
Deni Danial Kesa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Dominasi interaksi warga di dunia digital masih menyisakan ketidaksetaraan antar generasi. Walau data menunjukkan dari 268 juta penduduk Indonesia, terdapat 355 juta pengguna seluler (133%). Dimana 91% mengakses informasi melalui ponsel, mayoritas interaksi digital ini berasal digital native. Digital natives (17-34 tahun) adalah generasi yang lahir berdampingan dengan perkembangan teknologi. Sedang digital immigrants (45-65 tahun) lahir sebelum teknologi digital berkembang pesat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dua kali wawancara dengan FGD dengan 55 orang responden. Ke 55 responden berasal dari digital natives (20) dan digital immigrants (35). Teknik wawancara menggunakan tidak terstruktur. Dengan analisis data bersifat deskriptif. Penelitian ini menemukan adanya misinterpretasi kompetensi digital, terutama dalam konsumsi informasi hoaks. Dibandingkan dengan generasi digital immigrant dalam mengkonsumsi berita, digital natives menunjukkan ketimpangan schemata dalam mengenali informasi digital. Kedua generasi masih mudah terprovokasi dengan kandungan emosional hoaks. Terjadi kendala untuk digital natives merubah kondisi sosial atas persebaran berita hoaks (digital divide). Pola patron-client menjadi salah satu penyebab hoaks menjadi informasi yang dipercaya juga oleh digital natives.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...