Penelitianinibertujuanuntukmenganalisis pengaruh motivasi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara dalam keputusan berwisata kePlengkung, Kawah Ijen dan Sukamade.Desain penelitian yang digunakan ialahpath analysis.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Kawah Ijen, Plengkung, dan Pantai Sukamade dalam periode satu tahun. Adapun penentuan jumlah sampel yang diambil dari populasi menggunakan rumus Slovin Hal ini berlaku untuk setiap tiga titik destinasi wisata. Diperoleh jumlah sampel 100 orang wisatawan di setiap titik destinasi. Jumlah tersebut di bagi dua dengan kriteria wisatawan domestik dan wisatawan mancanegera. Dengan demikian jumlah sample di Plengkung, Ijen, dan Pantai Sukamade masing-masing 100 sampel yang terdiri atas 50 wisatawan domestik dan 50 wisatawan mancanegara. Penjaringan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Accidental Purposive, yaitu dijaring secara sembarang dengan tetap mempertimbangkan syarat kelayakan menjadi sampel. Motivasi wisatawan tersebut adalah motif kompetensi diri, intelektual, sosial, penghindaran dan spiritual terhadap keputusan berkunjung dilihat dari Accessibility, Service Celerity, Attractiondan Amenity Destinasi Pariwisata. Hasil akhir penelitian menyatakan Ada pengaruh signifikan motivasi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara terhadap keputusan berkunjung ke Kawah Ijen, Plengkung, dan Pantai Sukomade.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018