Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): April 2019

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing Siswa

Santi Suardini, A. A. Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perawatan Wajah, Badan (body massage) dan Waxing yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem based learning di kelas XI Tata Kecantikan 1 Semester Ganjil SMKN 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan bentuk guru sebagai peneliti.Subyek penelitian yang akan dijadikan penelitian adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan 1 Semester ganjil SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data hasil belajar siswa dalam pelajaran perawatan wajah, badan (body massage) dan  waxing dengan skor rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I  78,65% dan menjadi  81,35% pada siklus ke II dan siklus ketuntasan belajar pada siklus I dan II masing-masing 83,65% dan 90,30%..Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dengan seting belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran perawatan wajah, badan (body massage) dan  waxing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...