Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 3, No 2 (2019): Juli 2019

Media Rubik Pada Pembelajaran IPA Pada Penerapan Model Think Pair Share

Resmiana, Lolita Dwi (Unknown)
Siswanto, Joko (Unknown)
Tsalatsa, Ahmad Nashir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran TPS berbantu media rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Gruop Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test yang diperoleh dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 44. Sedangkan nilai rata-rata post-test diperoleh dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel (17,17 > 1,980) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran TPS berbantu media Rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang.  Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran TPS dan media Rubik dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...