Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan penelitian nonequivalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus I Mengwi yang berjumlah 6 kelas (187 siswa). Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 4 Cemagi dengan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 3 Cemagi dengan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen X = 0.500Â > X = 0.262 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung = 9.231 > ttabel = 2.000 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 60 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019.
Copyrights © 2020