Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018

Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Widiartha, K. D. R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekperimen) dengan rancangan penelitian Non-Equivalen Control Grup Design. Populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur yang berjumlah 327 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan melakukan pengundian. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 16 Kesiman sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa  dan SDN 12 Kesiman sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA di kumpulkan dengan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 4,953, dan pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 37+34-2 = 69 maka diperoleh harga ttabel = 2,000. Berdasarkan hasil tersebut, thitung = 4,953 > ttabel = 2,000. H0 di tolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif dengan kelompok kontrol pada kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (87,30 > 73,53). Dengan demikian, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...