Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model team games tournament berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati, dengan jumlah 206 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling kelas IV SDN 4 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan SDN 11 Sumerta sebagai kelas kontrol, dengan jumlah sampel 74 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pilihan ganda yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varian, data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu data posttest yang merupakan kompetensi pengetahuan IPA siswa, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dan homogenitas dengan rumus fisher. Berdasarkan analisis uji t dengan (dk = 36 + 38 = 74 – 2 = 72) pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5.750 dan untuk ttabel = 1.993 dan untuk taraf signifikasi 5% dengan Dk = 72 diperoleh tabel = 1.993. Dengan demikian nilai thitung > ttabel yakni 5.750 > 1.993 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Team Games tournament berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Team Games Tournament berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV siswa SD Negeri Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020