Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 1, No 2 (2017): Juli

IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ATLETIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Jaya, I Kadek Arsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jngkok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 36 orang dengan 21 orang putra dan 15 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok secara klasikal pada observasi awal 6,19 (cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 6,92 (cukup aktif), dan 7,22 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 5,56% (tuntas), pada siklus I menjadi 75 % (tuntas) dan 94,44% (tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh peserta didik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...