Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 3, No 3 (2019): Oktober

Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Drill

Sri Ardani, Pande Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Serongga di kelas V yang kemampuan siswanya untuk pembelajaran permainan sepak bola masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar permainan sepak bola siswa kelas V SD Negeri 2 Serongga pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode drill. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,21, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,73 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,52. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 47,36%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 78,94%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar permainan sepak bola siswa kelas V semester I SD Negeri 2 Serongga tahun pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode drill

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...