Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2020): Juli

Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SDN Pada Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa

Handayani, Luh Desy (Unknown)
Kristiantari, M. G. Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri pada peningkatan keterampilan menulis siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian entografis. Subjek terteliti adalah guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri dan siswa kelas 1 berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Tindak Pembelajaan Guru Kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri Pada Peningkatan Keterampilan Menulis dalam kategori Structuring guru cenderung mengingatkan siswa teknik menulis yang baik. Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa berupa membuat kalimat. Kategori Reacting, guru cenderung membimbing dan penguatan berupa memotivasi, menegur disertai tindakan nonverbal berupa ekspresi wajah dan gerak tubuh seperti menunjuk dan tepuk tangan. Temuan terkait dengan alasan-alasan melatarbelakangi guru dalam menampilkan tindak pembelajaran tertentu, pertama agar siswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis, kedua agar peningkatan dalam pemahan tentang keterampilan menulis baik, ketiga guru berharap agar siswa menjadi disiplin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...