Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)

Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Lidi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Menggambar Vektor

Widiyastuti, Wahyuning (Unknown)
Hermawan, Faried (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan menguji keefektifan penggunaan alat peraga lidi dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kudus yang berjumlah 72 orang dan terbagi dalam dua kelompok penelitian. Kedua kelompok mengalami perlakuan yang sama secara bergantian. Metode penelitian yang digunakan adalah counter balance. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan post-test. Dan data motivasi diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga lidi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan alat peraga lidi. Selain itu, hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan oleh kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Serta tidak ada interaksi antara penggunaan alat peraga lidi dan tanpa penggunaan alat peraga lidi dengan motivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Dapat disimpulkan penggunaan alat peraga lidi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menggambar vektor dimensi tiga. This research is an experimental study that aims to test the effectiveness of using stick props and students' motivation towards learning mathematics in order to improve mathematics learning outcomes. The research subjects were 72 students of class X MIPA SMA Negeri 2 Kudus and divided into two research groups. The two groups experienced the same treatment in turn. The research method used is a counterbalance. Learning outcome data obtained through the pre-test and post-test. And motivation data obtained through a questionnaire. The results showed that groups of students who were taught using stick teaching aids had higher learning outcomes than those who did not use stick props. In addition, better learning outcomes are shown by groups of students who have high learning motivation. And there is no interaction between the use of stick props and without the use of stick props with student motivation in improving mathematics learning outcomes. It can be concluded that the use of stick props is proven to be effective in improving student mathematics learning outcomes in three-dimensional vector drawing material.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmtk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) has number of P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186, it is to provide the latest scientific articles based on Teaching and Learning, Instruction, Curriculum Development, Learning Environments, Teacher Education, Educational Technology, Educational Developments, ...