Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar ”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Nunggul Lampeuneurut sebanyak 84 siswa dengan sampel sebanyak 28 siswa dipilih secara random.Variabel dalam penelitian ini adalah variable penguatan dan motivasi belajar siswa. Pengumpulandata menggunakan angket. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji linieritas menggunakan SPSS 17,0. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SDN Unggul Lampenerut Aceh Besar. Terbukti hasil uji regresi sederhanan diperoleh 41,223+0,628X dengan uji kevalidan persamaan regresi menggunakan uji-t perbandingan 11,489.
Copyrights © 2016