Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 2, No 4 (2016): April 2016

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU BERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NUNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

Sulaiman , (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut  Aceh Besar ”.Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui ada atau tidaknya  pengaruh  yang signifikan  antara  pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Nunggul Lampeuneurut sebanyak 84 siswa dengan sampel sebanyak 28 siswa dipilih secara random.Variabel dalam penelitian ini adalah variable penguatan dan motivasi belajar siswa. Pengumpulandata menggunakan angket. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji linieritas menggunakan SPSS 17,0. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru  terhadap motivasi belajar  siswa di kelas IV SDN Unggul Lampenerut Aceh Besar. Terbukti hasil uji regresi sederhanan diperoleh 41,223+0,628X  dengan uji  kevalidan  persamaan  regresi  menggunakan  uji-t perbandingan 11,489.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...