Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 2, No 3 (2014): Oktober 2014

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANDA ACEH

Tati Fauziah (Unknown)
Yoserizal Bermawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkanapakah dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture pada materi peninggalan sejarah dapat mencapai ketuntasan belajar siswa Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah teknis tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus presentase. Sempel penelitian ini adalah siswa kelas Banda Aceh sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picturepada materi peninggalan sejarah di kelas IV SD Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Pada hasil tes siswa yang tuntas belajarnya mencapai 27 orang (90%) dan siswa yang tidak tuntas belajarnya hanya 3 orang (10%). Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 82,33, nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 100 dan nilai terendah 50. Kesimpulan dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picturepada materi peninggalan sejarah dapat mencapai ketunasan belajar siswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...