Pembelajaran pada saat ini tidak hanya terfokus pada ceramah dan diskusi. Pembelajaran berkualitas bergantung dari motivasi kreativitas pengajar, pembelajaran yang memiliki motivasi ditunjang dengan mengajar yang mampu memfasilitasi yang membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Mulai dari pendekatan, metode, media hingga pada soal yang diberikan pada mahasiswa untuk mencapai target. Soal yang disajikan juga menarik untuk diselesaikan, agar pembelajaran tidak monoton. Pembelajaran pada mata kuliah teori dan sejarah sastra adalah mengenal tentang pujangga sastra pada zamannya yang dituangkan dalam tetesi (teka-teki silang) yang diterapkan pada mata kuliah teori dan sejarah sastra. Teka-teki silang dibuat semenarik mungkin untuk pembelajaran mata kuliah teori dan sejarah sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari borg dan gall menggunakan model pengembangan Research and Development. Penelitian dan pengembangan akan menghasilkan suatu produk yang layak dan menarik, serta memungkinkan untuk diterapkan sebagai sumber belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan menggunakan soal tetesi, menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan untuk berpikir dan siap diimplementasikan pada mata kuliah lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020