Pendidikan jasmani dapat mempengaruhi perkembangan sikap, mental, sosial, emosi yang seimbang serta dalam keterampilan gerak peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di dalamnya diajarkan beberapa macam cabang olahraga. Lompat jauh gaya jongkok merupakan salah satu cabang dalam olahraga atletik nomor lompat yang paling dasar diberikan kepada peserta didik sekolah dasar. Penerapan permainan lompat rintang merupakan salah satu cara yang dibuat agar peserta didik tertarik dengan materi lompat jauh, peserta didik memperoleh motivasi dan semangat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat rintang terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok peserta didik kelas IV di SDN Kedungrejo Megaluh Jombang. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Serta penerapan simple random sampling dalam pengambilan sampel yaitu peserta didik kelas IV SDN Kedungrejo Megaluh Jombang yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hipotesis adalah Uji-T. Hasil perhitungan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dari 29 peserta didik sebesar 1,88 m. Sedangkan bahwa rata-rata nilai post-test dari 29 peserta didik sebesar 2,00 m. Berdasarkan data tabel output SPSS 20 di atas didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Ho diterima jika nilaiSig ≥ α dan Ho ditolak jika Sig < α, dimana α = 0,05. Hal ini berarti nilai Sig (0,000) < 0,05, maka tolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan lompat rintang terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas IV di SDN Kedungrejo Megaluh Jombang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019