Jurnal Adat dan Budaya Indonesia
Vol 2, No 1 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Rahayuni, Ni Luh (Unknown)
Abadi, Ida Bagus Gede Surya (Unknown)
Wiarta, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan banyak siswa 399 orang. Penentuan sampel penelitian teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode tes. Instrumen pengumpulan data yaitu pilihan ganda biasa. Rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelas mengikuti model TGT berbasis pendidikan karakter yaitu 84,00 dan kelompok mengikuti konvensional yaitu 76,03. Data yang diperoleh dianalisis uji-t yaitu polled varians. Hasil analisis data (thitung =4,748 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT berbasis pendidikan karakter dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD.Kata kunci: TGT, kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JABI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pemikiran tentang adat istiadat dan budaya. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang adat dan kajian ...