Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS IV SDN 1 PUUNDOHO

Yanti, Hiliany (Unknown)
R, La Ode Rafiuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis kelas IV SDN 1 Puundoho Kabupaten Kolaka Utara. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dua yaitu dari segi proses dan hasil. Hasil penelitian yaitu pada siklus I aktivitas guru pertemuan pertama 60% dan pertemuan kedua 70% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 90% dan pertemuan kedua 100%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 60% dan pertemuan kedua 70% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 90% dan pertemuan kedua 100%. Hasil belajar siswa pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 19 orang atau 73,08% dan yang tidak tuntas berjumlah 7 orang atau 26,92% sedangkan pada siklus II siswa tuntas mencapai 24 siswa atau 92,31% dan yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa atau 7,69%.Kata kunci: Model pembelajaran; konstruktivis, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...