Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini disetting dalam dua siklus untuk mencapai target keberhasilan dengan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sampai mencapai tujuan yang ditetapkan. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I baru mencapai persentase 88% meningkat pada siklus II menjadi 93%. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I hanya 70% meningkat pada siklus II menjadi 88%. Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) membawa dampak positif pada hasil belajar siswa, berdasarkan hasil tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 50% atau baru ada 8 siswa dari 16 siswa yang tuntas KKM atau memperoleh nilai ≥ 61, dengan nilai rata-rata 59,18. Meningkat pada siklus II menjadi 88% tuntas secara klasikal, artinya sudah 14 siswa dari 16 siswa tuntas KKM, dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 69. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus telah mencapai indikator keberhasilan peneliti yakni minimal 80% siswa harus mencapai nilai ≥ 61 maka dapat disimpulkan  bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok Ciri-Ciri Khusus Mahluk Hidup.Kata kunci : Hasil Belajar;; Group Investigation
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019