Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 3 (2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 2 PUUNDOHO

Yuspitalia, Andi Sri (Unknown)
Jamiludin, Jamiludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Sumber Daya Alam melalui penerapan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN 2 Puundoho. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pada siklus I kegiatan guru pada tindakan pertama 66,7% dari rencana pembelajaran yang dapay terlaksana. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan menjadi 80% rencana pembelajaran yang terlaksana. Kegiatan siswa pada tindakan pertama 66,7% saja yang dilakukan oleh siswa. Pada pertemuan menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 66,7% atau sebanyak 12 siswa dari 18 siswa telah memperoleh nilai  70 dengan nilai rata-rata kelas 70,3. Pada siklus II kegiatan siswa pada tindakan pertama berdasarkan pengamatan observer mencapai 86,7% sudah terlaksana. Pada pertemuan kedua siklus II 100% sudah terlaksana secara maksimal. kegiatan guru pada tindakan pertama mencapai 93,3%. Pada pertemuan kedua siklus II rencana pembelajaran 100% sudah terlaksana secara maksimal. Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,4% atau sebanyak sebanyak 17 siswa dari 18 siswa telah memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 80,6.Kata kunci: Model pembelajaran, pembelajaran langsung, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...