Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 1 MIKUASI

Megawati, Megawati (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada siswa Kelas V SDN 1 Mikuasi Kabupaten Kolaka Utara. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian yaitu pada siklus I 15 siswa tuntas belajar dengan persentase sebasar 71,4% dan rata-rata 71,4 sedangkan pada siklus II 20 siswa tuntas belajar dengan persentase sebesar 92,2% dan rata-rata 77,6. Pada siklus I persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama adalah 73,3% dan pertemuan kedua 86,7% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama sebesar 93,3% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama adalah 73,3% dan pertemuan kedua 80% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 93,3% dan 100% pada pertemuan kedua.Kata kunci: model pembelajaran number head together; hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...