Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPA yang terdapat pada Tema 7 dengan materi Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 Februari-7 Maret 2020 pada siswa kelas 5 SD Negeri 7 Konda tahun ajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman siswa serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat: a) meningkatkan aktivitas mengajar guru, pada siklus I 75,83% meningkat menjadi 90,85% pada siklus II. b) meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I 66,83% meningkat menjadi 82,01% pada siklus II. c) meningkatkan hasil belajar muatan IPA Tema 7 Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda. Hasil belajar pada siklus IÂ persentase pencapaian ketuntasan sebesar 60,61% (20 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 87,88% (29 siswa) dari jumlah keseluruhan 33 siswa, dengan demikian perbaikan dengan Model Problem Based Learning dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar mencapai tujuan yakni 75%.Kata kunci : Model Problem Based Learning; Hasil Belajar
Copyrights © 2020