Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental dengan bentuk One GroupPretest-Posttest Design. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan pretest, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran Discovery Learning setelah itu diberikan posttest. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada pretest diperoleh nilai rata-rata 48,54 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,69. Sedangkan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sampel Test) dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor Normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain hasil belajar siswa berdistribusi normal karena nilai Sig. = 0,719 > 0,05 sehingga H0 ditolak. Karena data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sampel Test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung adalah 7,597, sedangkan nilai ttabel adalah 2,178. Karena nilai thitung = 7,597 > ttabel = 2,179 sehingga H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhaap hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 05 Konda.Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar
Copyrights © 2020