Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang konsep panas dan perpindahannya di kelas V MI Al-Fath Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 kelas V MI Al-Fath Kendari, dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II,  dengan persentase ketuntasan 53,84% dengan rata-rata 63,38 pada siklus I menjadi 88,46% dengan rata-rata 83,65 pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Contructivist Teaching Sequencess dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep panas dan perpindahannya di kelas V MI Al-Fath Kendari.Kata Kunci: pembelajaran; konsep; panas; siklus
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020