Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa, mengetahui aktivitas belajar siswa, dan mengetahui performansi guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe snowball throwing pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V/A SD Negeri 09 Poasia melalui desain penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar, aktivitas siswa, dan performansi guru. Peningkatan ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,50 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%, pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 96,50 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Perolehan hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 78,76% meningkat pada siklus II menjadi 80,83%. Skor performansi guru pada siklus I sebesar 74,48 meningkat pada siklus II menjadi 90,12 Kata Kunci: kooperatif, snowball throwing, hasil belajar
Copyrights © 2017