Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS V SDNI 2 LASALEPA

Jamaduta, Wa (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Volume Balok dan kubus melalui pendekatan Problem solving di kelas V SD Negeri 2 Lasalepa Kabupaten Muna. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Lasalepa pada Materi volume kubus dan balok. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi proses dan segi hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu segi proses oleh guru siklus I pertemuan 1 mencapai 40% dan pertemuan 2 mencapai 50% sedangkan oleh siswa pertemuan 1 mencapai 40% dan pertemuan 2 mencapai 50%. Segi proses oleh guru siklus II pertemuan 1 mencapai 90% dan pertemuan 2 mencapai 90% sedangkan oleh siswa pertemuan 1 mencapai 80% dan pertemuan 2 mencapai 80%. Sedangkan dari segi hasil belajar Matematika siswa pada siklus I yaitu 18,7% dengan nilai rata-rata 57,65; dan pada siklus II, hasil belajar Matematika siswa meningkat menjadi 90,6% dengan nilai rata-rata 75,3; dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi volume kabus dan balok kelas V SD Negeri 2 Lasalepa.Kata Kunci: pendekatan problem solving; hasil belajar siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...