Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Volume Balok dan kubus melalui pendekatan Problem solving di kelas V SD Negeri 2 Lasalepa Kabupaten Muna. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Lasalepa pada Materi volume kubus dan balok. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi proses dan segi hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu segi proses oleh guru siklus I pertemuan 1 mencapai 40% dan pertemuan 2 mencapai 50% sedangkan oleh siswa pertemuan 1 mencapai 40% dan pertemuan 2 mencapai 50%. Segi proses oleh guru siklus II pertemuan 1 mencapai 90% dan pertemuan 2 mencapai 90% sedangkan oleh siswa pertemuan 1 mencapai 80% dan pertemuan 2 mencapai 80%. Sedangkan dari segi hasil belajar Matematika siswa pada siklus I yaitu 18,7% dengan nilai rata-rata 57,65; dan pada siklus II, hasil belajar Matematika siswa meningkat menjadi 90,6% dengan nilai rata-rata 75,3; dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi volume kabus dan balok kelas V SD Negeri 2 Lasalepa.Kata Kunci: pendekatan problem solving; hasil belajar siswa
Copyrights © 2017