Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2019)

PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA KELAS II SDN 11 KENDARI

Taipo, Rahmania (Unknown)
M, Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode struktur analitik sintetik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 11 Kendari sebanyak 24 siswa yang terdiri 12 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan menggunakan model alur. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa dengan nilai rata- rata 70 dan ketuntasan siswa mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur snalitik sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Kendari. Meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal sebesar 41,67%. Nilai rata- rata pada siklus I meningkat 12,5% (kondisi awal 41,67% menjadi 54,17%) dan pada siklus II meningkat 29,16% (kondisi awal 41,67% menjadi 83,33%)Kata kunci: membaca permulaan; metode struktur analitik sintetik (SAS)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...