Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 3 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA DI KELAS VI SD NEGERI 1 TINUKARI

Sari, Hanifa Masni (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan. Dalam prosedur pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan analisis/refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil evaluasi proses aktifitas siswa, pertemuan pertama 64,3%, dan tindakan kedua 85,7% sehingga ketuntasan proses aktifitas siswa siklus I mencapai 75%. Dan Pada Siklus II evaluasi  proses aktifitas siswa, pertemuan pertama 100%, dan tindakan kedua 100% sehingga ketuntasan proses aktifitas siswa siklus II mencapai 100%. Proses aktifitas guru, pertemuan pertama 60%, dan tindakan kedua 90% sehingga ketuntasan proses aktifitas guru siklus I mencapai 75%. Dan Pada Siklus II evaluasi  proses aktifitas guru, tindakan pertama 100%, dan pertemuan kedua 100% sehingga ketuntasan proses aktifitas guru siklus II mencapai 100%. ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 60,87% atau sebanyak 14 siswa dari 23 siswa telah memperoleh nilai  65. Dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II mencapai 91,30% atau sebanyak sebanyak 21 siswa dari 23 siswa telah memperoleh nilai 65.Kata Kunci: Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...