SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA)
Vol 4 No 1 (2020): Supermat : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

MIKRAYANTI MIKRAYANTI (STKIP BIMA)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Bolo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diawali dengan memberikan pretest sebelum perlakuan kemudian diberikan posttest setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas eksperimen dan hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal SUPERMAT akan menerbitkan naskah-naskah artikel ilmiah dalam cakupan bidang Pendidikan Matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...