Jurnal Pendidikan Anak
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak

AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN METODE PROYEK DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL

Lia Santika (Unknown)
M. Thoha B.S. Jaya (Unknown)
Een Yayah Haenilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2016

Abstract

This research aimed to the difference between learning activity using lecturing method and project method, to know the relationship of learning activity using lecturing method and project method with the social development. This research used experiment method with the same group design. The technique of sample collection using saturated sampling, the sample of this research consist of 26 children. The research was conducted from January 16thuntill 26th 2016. The technique of data collection using observation and document. The data analyzed using comparative test and spearman rank test. Based on the result, it could be concluded that there was a difference between learning activity through lecturing method and project method. This research also that there were not positive relation between learning activity through lecturing method and were positif relation project method with the social behavior.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek, mengetahui hubungan aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek dengan perkembangan sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain same group. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 26 anak.Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 26 Januari 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji komparatif dan uji spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek. Penelitian juga menunjukan tidak adanya hubungan positif antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan ada hubungan positif metode proyek dengan perkembangan sosial.Kata kunci: aktivitas belajar, metode ceramah, metode proyek, dan perkembangan sosial.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, ...