Idealis : Indonesia Journal Information System
Vol 2 No 6 (2019): Jurnal IDEALIS November 2019

PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB STUDI KASUS: MIKA TOUR INDONESIA

Luthfiah Musa'ad (Sistem Informasi)
Yuliazmi Yuliazmi (Sistem Informasi)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2019

Abstract

Mika Tour Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pariwisata, khususnya bidang Tour & Travel dimana keberhasilan perusahaan tak hanya terletak pada produk dan jasa yang ditawarkan melainkan juga dari sejauh mana perusahaan mampu menjalin hubungan dengan pelanggannya dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Perusahaan bersaing dalam mendapatkan pelanggan ataupun mempertahankan pelanggan yang setia. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengaplikasikan model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yaitu strategi bisnis mengenai layanan dan software yang didesain untuk meningkatkan keuntungan, pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. Pada dasarnya perusahaan belum maksimal dalam menerapkan Customer Relationship Management sehingga sulit untuk mengetahui hasil dari kinerja kerja selama ini. Salah satu faktornya adalah karena sulitnya meningkatkan jumlah pelanggan baru dan melayani komplain pelanggan masih belum maksimal. Untuk itu penulis merancang sebuah sistem berbasis website yang dapat mendukung Customer Relatonship Management, hasil dari penelitian ini dapat menyelesaikan masalah yang dialami pada Mika Tour Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IDEALIS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Indonesia Journal Information System (Idealis) adalah jurnal penelitian Program Studi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah Decision Support System, E-Commerce/E-Business, Datawarehouse/BI, Enterprise System, Data Mining, Sistem ...