Binis ritel pada saat ini sedang berkembang dengan pesat dengan prospekyang cerah dan pertumbuhan yang pesat. Stimuli-stimuli dari ritel perluditumbuhkan dengan memperhatikan store environment. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan oleh Sinaga, dkk(2012) dengan menambah satu variabel yaitu crowding factor..Metode pengambilan data dengan teknik survai. Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah pembeli di Giant Penggaron Semarang, dengan jumlahsampel 160 orang pengunjung dan teknik pengambilan sampelnya adalahaccidental sampling. Setelah melalui tahapan sampel yang layak digunakanmenjadi 109 saja. Metode analisis yang digunakan adalah structural equationmodeling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa design factor terbuktiberpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response. Ambience factorterbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response. Socialfactor terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response.Crowding factor terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotionalresponse. Emotional response terbukti berpengaruh positif dan signifikanterhadap impulse buying. Design factor merupakan faktor yang paling besar dalammempengaruhi impulse buying yang melalui emotional response.Keyword : Store Environment, Design Factor, Ambient Factor, Social Factor,Crowding Factor, Emotional Response, and Impulse Buying
Copyrights © 2015